Lampu Kristal ( pengertian ,teknik ,bahan ,unsur,fungsi,proses ,dan jenis ) / Seni terapan Mancanegara

SENI RUPA

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni rupa dibedakan ke dalam dua kategori, yaitu seni rupa murni, dan terapan.

Seni rupa murni
Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi contoh : lukisan.

Seni rupa terapan
Seni rupa terapan adalah seni yang lebih menitik beratkan fungsi dan kemudahan produksi.contoh:lampu kristal.

Kami akan menjelaskan lebih detail tentang lampu kristal.

Sejarah Lampu Kristal
Murano reputasi sebagai pusat untuk glassmaking lahir ketika Venetian Republik, takut api dan kehancuran ke kota yang sebagian besar kayu bangunan, glassmakers memerintahkan untuk memindahkan mereka foundries ke Murano di 1291.. Murano masih kaca yang ditenun dengan Venetian kaca.
Pada abad 14., Glassmakers telah diizinkan memakai pedang, menikmati kekebalan dari penuntutan oleh Venetian negara mereka dan menemukan perempuan menikah ke Venesia paling limpah keluarga. Namun glassmakers tidak boleh meninggalkan Republik. Banyak pengrajin ini mengambil risiko dan membuat kaca furnaces di sekitar kota dan sejauh jauh seperti Inggris dan Belanda Pada akhir abad 16., Dari tiga ribu pulau Murano tujuh ribu penduduk telah terlibat dalam beberapa cara dalam glassmaking industri.
Murano's glassmakers memegang monopoli pada kualitas glassmaking selama berabad-abad, banyak berkembang atau menyempurnakan teknologi termasuk kristal kaca, yg diemail kaca (smalto), kaca dengan benang emas (aventurine), kaca warna (millefiori), susu gelas (lattimo), dan gemstones imitasi yang terbuat dari kaca. Saat ini, artisans dari Murano masih Mempekerjakan abad ini teknik-lama, mulai dari kerajinan kaca seni kontemporer dan kaca perhiasan ke Murano kaca chandeliers Stoppers dan anggur.
Murano Glass telah diproduksi dalam jumlah besar di tahun 1950-an dan 1960-an untuk ekspor dan untuk wisatawan.
Murano glass yang juga dikenal sebagai kristal Italia telah menjadi komoditas yang sangat dikenal dari Kota Murano di Venezia selama berabad-abad lamanya. Terletak di lepas pantai dari Venezia, Italia, Kota Murano adalah pelabuhan komersial semenjak abad ke-7. Pada abad ke-10, Murano sudah dikenal sebagai kota perdagangan yang maju. Hasil karya murano glass yang dihasilkan di sini mempunyai cita rasa tradisi yang kental dan kesempurnaan dalam penciptaan. Karena itu memberi kesan mewah untuk meningkatkan nilai estetika hunian Anda.
Selama ribuan tahun, para perajin andal (the master glassmakers) dari Murano telah menciptakan hasil karya seni mereka dengan buatan tangan. Pengalaman dan kecintaan pada seni menjadi dasar karya seni kuno ini. Selama berabad-abad lamanya, para perajin andal di Murano telah memonopoli kualitas terbaik untuk karya seni berbasis kaca. Dengan teknologi yang masih digunakan orang sampai masa kini, mulai kaca kristal (crystalline glass), kaca enamel (smalto), kaca dengan aplikasi emas (aventurine), kaca multiwarna (millefori), milk glass (lattimo), dan berbagai tiruan batu mulia yang terbuat dari kaca.

Pengertian Lampu Kristal
Lampu kristal adalah lampu yang unsur utamanya terbuat dari kristal sehingga mempunyai bentuk atau tampilan yang bagus dan memiliki nilai estetik,sedangkan pengertian kristal itu sendiri adalah
suatu padatan yang atom, molekul atau ion penyusunnya terkemas secara teratur dan polanya berulang melebar secara tiga dimensi.

Unsur Kristal
Secara fisik kita melihat kristal sebagai sebuah batu yang jernih atau berwarna. Warna kristal bias bermacam-macam. Dalam ilmu fisika kristal diketahui terdiri atas unsur silicon dioksida yaitu satu atom silicon dan dua atom oksigen. Kristal terbentuk dalam perut bumi dari bahan dasar air + tanah +api +udara. Air dan tanah liat mongering, dalam keadaan terbuka kemudian terkena temperature yang tinggi dan tekanan yang tinggi menyebabkan unsur itu mengeras dan menjadi pasir (silicon). Keadaan yang terbuka pada tekanan temperature yang sangat tinggi menyebabkan unsur oksigen (udara) semakin bertambah. Proses ini terjadi selama jutaan tahun. Jadi kristal termasuk jenis mineral yang sangat tua. Perbedaan warna-warni pada kristal itu disebabkan karena adanya tambahan unsure logam dan radiasi pada kristal tersebut.

Proses Pembuatan Murano Glass (Lampu Kristal Italia)
Proses pembuatan karya seni yang dikenal dengan nama murano glass ini lebih rumit dari yang lain. Kebanyakan murano glass dibuat dengan metode seperti membuat lampu (lampworking technique). Kaca dibuat dari silika yang akan menjadi cair pada temperatur tertentu. Ketika kaca ini menjalani tahap dari cair menjadi keras atau solid, terdapat jangka waktu tertentu, di sinilah saat sang seniman membentuk kaca menjadi bentuk yang diinginkan.
Murano glass yang asli hanya dibuat oleh para seniman ahli pembuat kaca (master's glass blowers) dengan detail yang sempurna, garis desain yang halus, dan kualitas kaca terbaik. Adapun hasil pembuatan produk palsu sering kali kasar, kurang proporsional, cacat desain, dan masih banyak kekurangan lainnya. Teknik pembuatan murano glass yang membutuhkan keahlian khusus membuat Anda perlu merogoh kocek yang cukup banyak bila ingin membelinya. Karena itu, perlu ditata maksimal.

Bahan Pembuatan Murano Glass (Lampu Kristal Italia)
Murano glass mempunyai bahan dasar batu koral, pasir kwarsa, dan keramik murano glass. Murano glass secara khusus dibuat sebagai pengerjaan kaca kualitas tinggi. Kandungan batu koral yang terdapat di dalamnya memberikan efek kilau cahaya yang halus dan kandungan pasir kwarsa adalah yang membuat kaca menjadi berwarna-warni. Kaca biasa tidak dapat memberikan efek serupa
Selain itu, murano glass mempunyai lebih dari 99 persen kandungan silikon dioksida, dibandingkan dengan kaca biasa yang hanya mempunyai kurang dari 80 persen kandungan silikon dioksida. "Penambahan timah yang dicairkan dalam pembuatan murano glass memberikan pembiasan yang murni dalam penerangan
Kandungan kwarsa dalam murano glass merupakan penghantar panas (electrical conductor), sedangkan kaca biasa lebih bersifat penyerap panas (electrical insulator). Karena itu, murano glass dapat bertahan pada suhu temperatur yang tinggi dan mempunyai tekanan yang lebih kuat dari kaca biasa.
Setiap objek dari murano glass adalah unik, kita tidak dapat membandingkan antara satu objek murano glass yang satu dengan yang lain. Hal ini karena setiap seniman menggunakan keahlian tangan mereka. Perbedaan detail walaupun sedikit akan selalu ada meski bentuk objeknya nyaris sama.

Fungsi Lampu Kristal
Sebagaimana kita ketahui bahwa lampu tidak lagi sekadar penerangan semata, lampu juga berfungsi sebagai salah satu elemen interior, dengan fungsinya menciptakan nuansa sebuah ruangan. Sekarang bisa ditemui bentuk dan warna artistik pada lampu yang memungkinkan anda bisa berkreasi dengan lampu sesuai ruangan yang anda miliki.
Lampu juga bisa diibaratkan sebagai fashion bagi hunian anda. Jika dulu lampu fungsinya hanya sebagai alat penerang tanpa mempedulikan model dan bentuk, sejak tahun 90-an fungsi itu bergeser. Orang mulai menganggap lampu sebagai pelengkap yang penting dalam sebuah rumah. Bahkan tren dengan aspek pencahayaan merupakan faktor penting untuk mewujudkan suasana yang diinginkan dalam ruangan.
Sebagai contoh sebuah ruang baca, pastinya anda dulu cukup mengandalkan lampu neon yang dipasang di tengah ruangan, namun kini tersedia lampu baca yang bentuknya beraneka ragam. Tinggal pilih bentuknya, karena selain berfungsi sebagai alat bantu baca, lampu tersebut sekaligus juga berfungsi sebagai ornamen dekoratif interior.
Model lampu juga harus mengikuti konsep rumah yang ditempati.
Jika kebetulan rumah anda berkonsep minimalis, maka seharusnya desain lampunyapun harus minimalis. Akan jomplang kalau rumah minimalis dipadankan dengan desain lampu klasik. Perawatan lampu juga tak sulit. Tergantung bahan lampu. Jika lampu anda terbuat dari kaca atau kristal cukup dibersihkan dengan lap kering saja. Sementara untuk bahan lampu dari krom pakai lap kering atau cairan khusus. Jangan membersihkan lampu dari bahan krom dengan kain basah karena bisa merubah bahan krom jadi hitam. Untuk lampu dari bahan stainless steel bisa dibersihkan dengan kain kering atau basah. Perawatan yang baik menentukan umur lampu kesayangan anda. Bahkan lampu kristal bisa bertahan hingga 20 tahunan.

Jenis – Jenis Lampu Kristal
Jenis- jenis lampu kristal diantaranya :
- kristal chandeliers, bohemian chandeliers , Maria Theresa chandeliers, alabaster chandeliers, dan murano glass chandeliers


Sumber : Dari Berbagai Sumber

5 komentar:

Anonim mengatakan...

aduhhhhhhhhhhhhh bagus bg yaaaa!!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

Thanx banget buat infonya!!

Anonim mengatakan...

mas, itu ada kalimat " lampu ibaratkan fashion ..."
itu kutitpn dari susilowati. boleh tnya dri buku apa ?

Unknown mengatakan...

Mas saya punya pajangan murano glass gold,tapi ko warna gold nya hilang atau luntur gitu ya?apa ada bahan khusus atau cat untuk mengembalikan warnanya lagi?

Unknown mengatakan...

Mas saya punya pajangan murano glass gold,tapi ko warna gold nya hilang atau luntur gitu ya?apa ada bahan khusus atau cat untuk mengembalikan warnanya lagi?

Posting Komentar

isi komentar anda yang sopan dan jujur ya!!!!

BM
krelzz