How To Be “Dokter Ummat” Sejati

Oleh Riki Nasrullah (Aktifis LDK DKM Unpad)

Keberadaan Kapitalisme dan Sosialisme di tengah-tengah masyarakat sudah tidak bisa dielakkan lagi. Karena sudah hampir seluruh dimensi kehidupan manusia sudah dikuasai oleh mabda-mabda tersebut. Hal ini lah yang sebenarnya mengakibatkan ummat yang ada sekarang ini sedang mengalami sakit berat. Virus berbahaya ini tidak akan musnah kalau tidak ada penangkalnya. Dan ummat yang sakit ini tidak akan sembuh kalau tidak ditangani oleh seorang dokter ummat yang memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai seorang dokter. Mampu mangobati dan mampu mennganalisis sebuah penyakit adalah keutamaan penting yang harus dimiliki oleh seorang dokter. Bagaimana mau mengobati pasien kalau dokternya sendiri tidak tahu jenis-jenis penyakit dan penyebabnya. Bagaimana bisa menjadi seorang dokter yang handal kalau dokter nya sendiri sakit. Lantas sekarang, bagaimana untuk menjadi seorang dokter ummat itu??



Sebelum kita melayakkan diri menjadi seorang dokter ummat yang sangat dibutuhkan orang. Tentunya akan kita analisis terlebih dahulu gejala-gejala penyakit yang muncul di tengah-tengah masyarakat sekarang ini.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sistem Kapitalisme dan Sosialisme sudah gagal dalam mengatur kehidupan manusia. Banyak bukti berbicara mengenai hal ini. Mulai dari sistem yang bobrok ketika diatur oleh sistem Kapitalisme dan Sosialisme, banyak praktik korupsi, perzinahan terjadi dimana-mana, kenakalan remaja sudah menjadi hal biasa, aborsi berserakan di tengah-tengah masyarakat, dan masih banyak lagi. Hal ini akan terjadi kalau sistem yang dianut mengondisikan masyarakat untuk melakukan hal-hal negative tersebut. Dan buktinya sekarang sudah seperti itu. Kapitalisme dan Sosialisme seakan-akan sudah mengondisikan semua masyarakat untuk melakukan praktik-praktik kemaksitan. Hanya dengan islam lah semua persoalan ini bisa diselesaikan.

Oleh karenanya, pada saat ini keadaan ummat itu sedang sakit dan membutuhkan seorang dokter yang bisa mengobatinya dengan cara yang sesuai dengan aturan, supaya tidak mengakibatkan permasalahan-permasalahan. Seorang dokter yang hebat, tentunya ia akan mengetahui gejala-gejala penyakit yang diidap oleh si pasien supaya bisa menentukan obat apa kira-kira yang dapat menyembuhkannya.

Kalau kita tanyakan kepada diri kita masing-masing, apakaha mau menjadi seorang dokter atau mau menjadi seorang yang sakit. Tentu kita akan memilih yang pertama, menjadi seorang dokter. Karena kalau kita lihat dari segi kedudukan, tentunya kedudukan dokter itu akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan seorang pasien. Dan yang paling utama, seorang dokter akan mendapatkan ganjaran berupa uang dari pasien yang telah ia periksa. Sedangkan si pasien malah sebaliknya, ia akan membayar dokter yang telah mengobatinya. Itu kalau dilihat dari aspek duniawi. Dari sana juga sudah bisa kita bedakan, betapa mulianya kedudukan seorang dokter jika dibandingkan dengan pasien. Oleh karenanya, mari kita sama-sama untuk menjadi seorang dokter ummat yang nantinya di hadapan Allah SWT. Kedudukan kita akan ditinggikan dari yang lainnya, dan akan dibalas oleh-Nya dengan balasan yang setimpal dengan pengorbanan kita.

Sistem Kapitalisme dan Sosialisme yang sekarang ini menguasai masyarakat, sebentar lagi akan hancur lebur. Karena sudah banyak bukti yang menguatkan hal itu. sistem kapitalisme sudah tidak mampu lagi mengatur kehidupan dan penghidupan manusia di dunia. Oleh karenanya, jangan sampai kita biarkan begitu saja sistem kufur itu menguasai kita lama-lama. Karena kalau sistem tersebut masih kita jadikan sebagai aturan hidup, yakinilah bahwa dunia ini tidak akan berubah menuju kehidupan yang lebih baik. Hanya dengan sistem Islam lah semua itu bisa diatasi, sebab kalau kita menginginkan kehidupan yang baik, maka kita harus diatur dengan aturan yang baik pula, kita harus diatur dengan aturan dari Yang Maha Baik, yakni Allah SWT.

Sampai kapanpun, Kapitalisme dan Sosialisme tidak akan mengantarkan kita menuju apa yang kita inginkan. Sampai kapanpun, sistem tersebut tidak akan menghantarkan kita menuju dunia yang penuh dengan berkah dari Illahi. Dan sampai kapanpun, sistem tersebut tidak akan pernah mengalahkan sistem yang sempurna, yakni sistem Islam yang datang dari Allah SWT.

Sekarang ini, ummat Islam yang berada di Palestina dan Dyuriah sana sangat membutuhkan perhatian dari ummat Islam lainnya. Namun, respon apa yang diberikan oleh kita?. Hanya diam diri sajakah, atau kita tersentak dengan jeritan mereka yang memanggil-manggil kita. Ingatlah kawan, Allah telah menetapkan melaui lisan Rasulullah bahwa "barangsiapa yang bangun di pagi hari, dan ia tidak memikirkan urusan-urusan kaum muslimin maka ia tidak termasuk ke dalam ummatku". Sampai segitunya Rasul berkata, itu membuktikan bahwa perhatian kita terhadap ummat muslim jangan sampai dibiarkan terkalahkan oleh perhatian kita terhadap benda-benda kepunyaan kita. Sudah jelas pula Rasulullah mengatakan bahwa hancurkan ka'bah dan seisinya itu lebih baik daripada setetes saja darah seorang muslim mengalir. Na'udzubillahi min dzalika.

Sebagai dokter ummat, kita harus mampu menjelaskan Syariat Islam ke semua penjuru dunia. Agar pembantaian terhadap kaum muslimin yang ada di Palestina, Syuriah, dan Negara-negara muslim lainnya tidak terjadi.

Tapi, yakinilah bahwa Islam tidak akan tersampaikan kalau kita tidak menyampaikannya. Islam tidak akan besar kalau kita tidak membesarkannya. Meskipun kekuasaan Islam di dunia ini merupakan sebuah keniscayaan.

Lantas tanyakanlah kepada diri kita, mau menjadi seperti apa diri kita??? Pejuang agama Allah kah? Atau bahkan penghianat agama-Nya? Tanyakanlah pada diri kita masing-masing.

Kalaulah kita sadar dan paham akan kewajiban dakwah bagi tiap-tiap muslim, tentunya tidak ada kata tidak mau untuk menjadi seorang "Dokter Ummat". Kita pasti akan memilih dakwah sebagai poros hidup kita, cinta kita hanya akan dicurahkan pada aktivitas-aktivitas dakwah yang mulia ini. Oleh karenanya, Jadilah seorang dokter ummat yang bisa mengobati ummat dari kesakitan yang saat ini sedang menyerang mereka. ubahlah kehidupan yang sedang rusak ini dengan kehidupan yang penuh dengan kemuliaan.

Wallahu A'lamu bi Ash-shawab

0 komentar:

Posting Komentar

isi komentar anda yang sopan dan jujur ya!!!!

BM
krelzz