Islam dan Bahasa Arab


Oleh : Taufiq Sutyarahman

Islam adalah agama yang diturunkan Allah Swt kepada Nabi Muhammad saw untuk mengatur hubungan manusia dengan penciptanya, manusia dengan dirinya sendiri, dan manusia dengan sesamanya. Dengan kata lain, islam adalah agama yang sempurna dan menyeluruh. Tidak ada dalam kehidupan dunia ini kecuali diatur oleh islam.
Semua aturan yang menyeluruh dan sempurna itu telah tertuang dalam kitab sucinya yang mulia, yaitu Al-Quran al-karim. Juga, keberadaan Rasulullah saw sebagai penjelas syariatnya, yaitu berupa As-sunnah (hadits).
Mengamalkan semua yang ada dalam Al-Quran dan Assunah adalah sebuah kewajiban. Seorang muslim dituntut untuk bisa memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan. Al-quran dan Asssunah, keduanya berbahasa Arab. untuk memahaminya keduanya memerlukan pemahaman terhadap bahasa arab yang baik dan benar. Tidak cukup hanya sekadar mengetahui terjemah saja secara sekilas atau hanya melihat dan mengambil faidah dari Al-quran yang ada terjemahannya.
Karena itu menjadi wajib mengetahui, mempelajari dan  memahami bahasa arab untuk bisa mengambil suatu hukum dari Al-quran. Islam dan bahasa Arab merupakan satu kesatuan. Islam tidak mungkin dapat dilaksanakan secara sempurna kecuali dengan bahasa Arab. Meremehkan bahasa Arab akan menghilangkan ijtihad terhadap syari’at, karena ijtihad terhadap syari’at tidak mungkin dilaksanakan tanpa terpenuhinya salah satu syarat mendasar yaitu bahasa Arab.
Ketika bahasa Arab mulai ditinggalkan, juga karena begitu intensnya interaksi umat islam saat itu dengan orang-orang ajam (non arab) ketika masa-masa penaklukan, yang menyebabnya lemahnya pemahaman dan tingkat berfikir umat karena rendahnya dalam pemahaman bahasa arab. hingga sampai kemudian menyebabkan umat tidak mampu berijtihad kemudian disusul dengan adanya fatwa dari sebagian ulama yang menutup pintu ijtihad. Yang pada akhirnya umat islam semakin terperosok semakin dalam, karena tidak memahami islam yang sesungguhnya dengan pemahaman yang benar.
Karena itu menjadi penting bagi kita semua yang peduli dengan Islam, supaya islam meraih kebangkitannya kembali, dengan cara menggairahkan kembali semangat kita untuk bersungguh-sungguh mempelajari bahasa arab ini.
Ada beberapa keistimewaan bahasa arab diantaranya:
1. Bahasa Arab adalah bahasa Al Quran. Allah berfirman:
إِنَّا جَعَلْنَاهُ قُرْءَانًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
“Sesungguhnya Kami telah menjadikan Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kalian memahaminya”
2. Bahasa Arab adalah bahasa Nabi Muhammad dan bahasa verbal para sahabat. Hadits-hadits Nabi yang sampai kepada kita dengan berbahasa Arab. Demikian juga kitab-kitab fikih, tertulis dengan bahasa ini. Oleh karena itu, penguasaan bahasa Arab menjadi pintu gerbang dalam memahaminya.
3. Susunan kata bahasa Arab tidak banyak. Kebanyakan terdiri atas susunan tiga huruf saja. Ini akan mempermudah pemahaman dan pengucapannya.
4. Indahnya kosa kata Arab. Orang yang mencermati ungkapan dan kalimat dalam bahasa Arab, ia akan merasakan sebuah ungkapan yang indah dan gamblang, tersusun dengan kata-kata yang ringkas dan padat.
Itulah sekilas penjelasan mengenai pentingnya mempelajari bahasa arab, sebagai alat untuk memahami ajaran islam yang mulia. Karena itu mari kita kuatkan komitmen kita untuk mempelajari bahasa arab dengan penuh kesungguhan. Mudah-mudahan dengan itu dapat membangkitkan umat untuk meraih kedudukannya sebagai khairu ummah “umat terbaik”. Wallahu a’lam bishawab.

0 komentar:

Posting Komentar

isi komentar anda yang sopan dan jujur ya!!!!

BM
krelzz