Islam dan Bahasa Arab

LDK DKM Unpad mengadakan pembukaan Klub Bahasa Arab



Masjid Ibnu Sina, DKMUP Press – Salah satu sebab kemunduran umat islam adalah pemisahan potensi bahasa Arab dengan islam itu sendiri. Padahal sudah dijelaskan dalam al quran al Karim jika wahyu Allah tersebut disampaikan dalam bahasa arab yang jelas (lihat QS. Asy Syu’aro: 192 - 195 ). Pemahaman umat islam tergantikan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, padahal dahulu kala bahasa Arab adalah bahasa pemersatu umat islam sekaligus menjadi jalan mempermudah umat islam memahami al quran untuk segera diamalkan.

DKM Unpad selaku LDK yang ada di Universitas Padjadjaran mengadakan kegiatan pembukaan klub bahasa arab pada tanggal 9 maret 2013. Kegiatan tersebut menjadi wujud nyata pencerdasan mahasiswa akan pentingnya bahasa arab yang sudah semestinya dilakukan oleh Lembaga Dakwah Kampus. Kegiatan ini menjadi awal dari serangkaian kegiatan pelatihan bahasa arab yang sejatinya dilakukan rutin dua kali dalam seminggu.

Kegiatan yang diisi dengan penyampaian pentingnya bahasa arab dalam kehidupan islam disampaikan oleh Ust. Ahmad Sodikin. Beliau mengungkapkan jikalau umat islam, khususnya mahasiswa muslim, sejatinya mesti punya keinginan untuk mempelajari bahasa arab. Bagaimana bisa kita memahami lebih dalam al quran untuk mengamalkannya jika tidak bisa bahasa arab. Beliau menambahkan, terjemahan yang ada saat ini sangat tidak mencukupi untuk bisa mendalami al quran. “dan hal tersebut (memahami alquran - red) didapatkan dari belajar bahasa arab” tambahnya.

Banyaknya pemahaman tentang islam yang diambil oleh umat muslim Indonesia saat ini, mempunyai implikasi yang sangat fatal dalam pelaksanaan syariat islam. “jilbab adalah salah satu contoh kata bahasa arab yang mengalami kesalahan pemahaman” kata ustad yang pernah merasakan hidup bersama orang arab (Mesir).

Acara pembukaan klub bahasa arab tersebut ditutup dengan pembagian kelompok peserta yang nantinya akan rutin melakukan tutorial bahasa arab setiap minggunya. “klub bahasa arab LDK DKM Unpad membuka selebar-lebarnya pintu bagi mahasiswa Unpad yang berkeinginan mempelajari bahasa arab” tutur penanggungjawab acara Taufiq Sutyarahman. (mm)

0 komentar:

Posting Komentar

isi komentar anda yang sopan dan jujur ya!!!!

BM
krelzz